Efektivitas Penggunaan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mawaris Di Kelas Xii3 Is Sma Negeri 11 Medan

Daulay, Hasmi Henri (2010) Efektivitas Penggunaan Strategi Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Mawaris Di Kelas Xii3 Is Sma Negeri 11 Medan. Masters thesis, Pascasarjana IAIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh penulis di SMA Negeri 11 Medan merupakan tugas yang wajib diselesaikan oleh penulis dalam rangka menyelesaikan perkuliahan di Pasca Sarjana IAIN Sumatera Utara Medan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang dimulai dari tanggal 18 Februari sampai tanggal 1 Maret 2010 di kelas XIIIS3 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Untuk menghimpun data, penulis menggunakan Pendekatan Kualitatif, dimana data yang dihimpun terdiri dari observasi yang dilakukan untuk mengamati aktivitas siswa. Kuisioner disebarkan pada siswa sesudah pelaksanaan post-test untuk mengetahui sejauh mana motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran Agama Islam, sementara tes tertulis dilakukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dalam aspek kognitif. Adapun metode yang digunakan adalah Strategi Kooperatif tipe Jigsaw (model tim ahli) yang dikembangkan oleh Aronson dkk (1978) dimana siswa dikelompokkan menjadi 5 sampai 8 kelompok asal dan tiap orang diberi tugas berbeda yang ada pada kelompok itu. Setelah selesai mereka mengerjakan tugas pada tim asal maka mereka membentuk tim ahli untuk mempelajari bagian sub-bab yang sama bertemu dalam kelompok baru. Setelah selesai dalam kelompok ahli maka mereka kembali ke kelompok asal dan tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok yang lain memberikan pertanyaan setelah selesai maka guru memberikan evaluasi. Setelah selesainya penelitian ini, maka hasil yang diperoleh cukup signifikan baik dari perolehan nilai akhir, aktivitas siswa selama tindakan maupun perkembangan motivasi belajar siswa yang cukup positif. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan ketuntasan belajar pra tindakan 52,5 % meningkat pada Siklus I 55 %, dan pada Siklus II yang tuntas belajar sebanyak 70 % dan pada akhir Siklus III hasil yang diperoleh sebanyak 82,5 % dengan demikian penelitian tindakan kelas ini (PTK) dianggap berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Thesis Master
Depositing User: Mrs Hildayati Raudhah
Date Deposited: 19 Feb 2016 09:56
Last Modified: 19 Feb 2016 09:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/253

Actions (login required)

View Item View Item