Harahap, Fitri Amelia (2024) Membangun Kesehatan Mental Generasi Alpha: Urgensi Konseling dalam Mengatasi Tantangan Bullying di Era Sosial Media Melalui Komunikasi Empati. Jurnal Indonesia : Manajemen Informatika dan Komunikasi (JIMIK), 5 (2).
![]() |
Text
693-Article_Text-2876-1-10-20240314.pdf Download (562kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi konseling dalam mengatasi tantangan bullying di era sosial media melalui komunikasi empati. Penelitian ini merupakan studi kualitatif-deskriptif dengan pendekatan fenomenologis untuk mengamati dan mendeskripsikan fenomena alami yang terjadi pada generasi alpha di era sosial media. Data penelitian diperoleh dari kasus bullying di sosial media, serta dari artikel jurnal dan literatur lain yang relevan. Analisis data penelitian ini melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian, dilakukan dengan pengujian triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membangun kesehatan mental generasi Alpha melalui konseling menjadi esensial di era modern yang dipenuhi teknologi. Konseling menciptakan ruang aman untuk berbagi pengalaman dan perasaan, membantu mereka mengelola stres teknologi dan tekanan sosial. Mengatasi bullying di era media sosial memerlukan komunikasi empatis, mendekati pelaku dengan kebijaksanaan, memberikan dukungan positif, dan menciptakan tempat aman untuk berbicara. Ini dapat membentuk budaya yang ramah, mendukung, dan mengajarkan nilai-nilai keberagaman serta rasa hormat terhadap sesama. Konseling dan komunikasi empatis bukan hanya solusi untuk masalah psikologis dan bullying, tetapi juga dasar yang kuat untuk kesejahteraan mental dan emosional generasi Alpha dalam dunia yang terus berubah.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 08:15 |
Last Modified: | 10 Feb 2025 08:15 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25280 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |