Rahmadhani, Sri (2024) Pengembangan E-Comic Berbasis Literasi Sains Terintegrasi Ayat AL-Qur’an Pada Sub Materi Mutasi. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
![]() |
Text
COVER-_SKRIPSI.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
BAB_I-SKRIPSI.pdf Download (659kB) |
![]() |
Text
BAB_II-SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB_III-SKRIPSI.pdf Download (721kB) |
![]() |
Text
BAB_IV-SKRIPSI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB_V-SKRIPSI.pdf Download (479kB) |
![]() |
Text
DAPUS-SKRIPSI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ketersediaan bahan ajar berbasis literasi sains di sekolah masih terbatas. Bahan ajar yang digunakan, seperti PPT yang dibuat oleh guru, kurang mendukung pengembangan literasi sains secara optimal. Di abad ke 21 ini keterampilan literasi sains penting bagi siswa karena berkaitan erat dengan pengetahuan mereka tentang lingkungan dan isu-isu yang mempengaruhi masyarakat saat ini. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan produk yang dapat digunakan dalam pembelajaran, terutama pada mata pelajaran biologi kelas XII dengan sub materi mutasi yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. E-comic dikembangkan untuk menarik perhatian siswa dan meningkatkan motivasi belajar, sehingga mereka paham dan dapat menerapkan ilmu yang mereka miliki di kehidupan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D (Four D) yang dibatasi hanya sampai tahap pengembangan (develop) karena tahap selanjutnya memerlukan waktu yang panjang. Pengembangan difokuskan pada kevalidan dan kepraktisan e-comic. Validasi e-comic oleh tiga validator ahli menunjukkan hasil yang sangat valid dengan rata-rata 99%. Uji kepraktisan menunjukkan skor 84%, dan penilaian guru kelas menunjukkan skor 91%, keduanya dalam kategori sangat praktis.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 2X0 ISLAM (UMUM) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 08:04 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 08:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |