Perspektif Mahasiswa UIN Sumatera Utara 2020 Pecinta KPOP tentang Personal Branding Fuadh Naim di Instagram

Liusnimun, Tifani (2024) Perspektif Mahasiswa UIN Sumatera Utara 2020 Pecinta KPOP tentang Personal Branding Fuadh Naim di Instagram. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 7 (1).

[img] Text
JURNAL_Tifani_Liusnimun.pdf

Download (1MB)

Abstract

Personal Branding atau merek pribadi akan lebih mudah jika dikelola dengan menggunakan internet melalui sosial media. Personal Branding bukan hanya dilakukan untuk profesional dunia kerja semata, hal ini bisa juga dilakukan oleh seorang da’i yang berdakwah melalui media sosial untuk meningkatkan kepercayaan mad'u terhadapnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perspektif mahasiswa KPI UINSU 2020 yang menyukai K-Pop terhadap Personal Branding yang dibangun Fuadh Naim dalam berdakwah di media sosialnya, hal ini dikarenakan para pecinta K-Pop akan lebih subjektif dalam menilai Personal Branding yang dibangun Ustad Fuadh Naim karena sangat sesuai dengan mereka yaitu budaya Korea. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, tekinik pengumpulan data dengan 3 cara yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis naratif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari delapan konsep Personal Branding yang dicetuskan oleh Peter Montoya yaitu Spesialisasi, Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Kenampakan, Kesatuan, Keteguhan dan Nama baik. Semua itu ditemukan dalam diri dan dakwah Fuadh Naim dilihat dari perspektif para informan dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa Fuadh Naim memiliki kekhasan pada pribadi dan dakwahnya, sehingga dakwah beliau dapat dengan mudah diterima oleh mad’unya

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 05:36
Last Modified: 07 Feb 2025 05:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25062

Actions (login required)

View Item View Item