Sistem Informasi Manajemen Keluhan Pelanggan Hotel Menggunakan Metode Waterfall

Siregar, Fauji Azwar (2022) Sistem Informasi Manajemen Keluhan Pelanggan Hotel Menggunakan Metode Waterfall. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer).

[img] Text
Jurna_Fauji.pdf

Download (852kB)

Abstract

Hotel Grand Istana I Syariah Padangsidimpuan adalah sebuah badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan dan jasa. Proese pelayanan pelanggan dimulai dari pendaftaran kemudian memberikan pelayanan kepada pelanggan sesuai dengan kebutuhannya. Semua informasi yang berkaitan dengan pelanggan hotel yang pernah menginap masih dicatat didlam sebuah buku. Dari hasil wawancara, didapatkan permasalahan yang sering terjadi pada pelanggan hotel adalah kurangnya tempat penyampaian kritik, masukan dan saran pada pihak manajemen hotel dan juga tidak adanya feedback dari amanjemen hotel kepada pelanggan mengenai kritik, masukan dan saran yang disampaikan. Untuk itu, dalam mengatasi permasalahan yag terjadi pada hotel dilakukan sebuah pengembangan sistem informasi yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi. Dimana sistem informasi ini menggunakan metode air terjun (waterfall) dan sistem analisis yang digunakan adalah pengumpulan data dan wawancara. Sistem ini nantinya menggunakan PHP sebagai bahasa pemograman dan MySQL sebagai database. Tujuan pembuatan sistem informasi ini nantinya, pelanggan akan mempunyai wadah dalam menyampiakan kritik, masukan dan saran kepada pihak manajemen hotel dan juga akan membuat hotel lebih mudah dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan sehingga pelanggan hotel dapat meningkatkan loyalitasnya terhadap Hotel Grand Istana I Syariah Padangsidimpuan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 000 Generalities > 003 Systems
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Feb 2025 04:13
Last Modified: 07 Feb 2025 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item