Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Menumbuhkan Karakter Jujur Dan Bertanggung Jawab Pada Siswa

Siagian, Muhammad Ravi (2023) Strategi Guru Bimbingan Dan Konseling Menumbuhkan Karakter Jujur Dan Bertanggung Jawab Pada Siswa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4 (1).

[img] Text
ARTIKEL_MUHAMMAD_RAVI_SIAGIAN.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis strategi yang diterapkan guru bimbingan dan konseling di Madrasah Aliyah Laboratorium Universitas Islam Negeri Sumatera Utara dalam menumbuhkan karakter jujur dan bertanggung jawab siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, berbasis studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian meliputi guru-guru bimbingan dan konseling, siswa, serta staf pendukung lainnya yang terlibat dalam proses bimbingan dan konseling di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas XI di sekolah tersebut sudah memiliki tingkat karakteristik jujur yang cukup tinggi. Strategi yang digunakan dalam pembentukan karakter jujur dan bertanggung jawab ialah mengintegrasikan nilai dan etika pada setiap mata pelajaran, menginternalisasikan nilai positif pada peserta didik, memberikan pembiasaan dan latihan, serta memberikan keteladanan. Dalam membentuk karakter jujur dan bertanggung jawab, guru menerapkan tiga tahapan utama, yakni moral knowing (menanamkan pengetahuan moral), moral feeling (menanamkan rasa cinta dan senang melakukan yang baik dan benar), dan moral action (melakukan perbuatan moral yang didukung oleh pemahaman dan rasa cinta sebelumnya, yang kemudian menjadi kebiasaan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 06 Feb 2025 08:48
Last Modified: 06 Feb 2025 08:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item View Item