Febriyani, Nur (2024) Analisis kondisi psikologis orang tua tunggal yang memiliki anak disabilitas. Jurnal Pendidikan Indonesia. ISSN 2476-9886
![]() |
Text
Artikel_Nur_Febriyani.pdf Download (608kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi psikologis orang tua tunggal yang memiliki anak dengan kondisi disabilitas serta strategi coping stress yang dilakukan untuk mencapai kesejahteraan psikologis. Informan yang diperoleh sebanyak 2 melaui teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskkriptif. Wawancara dan observasi yang digunakan dalam pengumpulan data. Dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan merupakan langkah awal dalam penerapan metodologi analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan psikologis orang tua tunggal yang memiliki anak disabilitas pertama kali mengalami perasaan keterkejutan, keputusasaan, kebingungan, kekecewaan, dan kekhawatiran terhadap masa depan anaknya. Orang tua dapat menerima keadaan anaknya dan dapat melakukan penyesuaian psikologis seiring berjalannya waktu. Perubahan emosional terjadi yaitu menjadi lebih sensitif. Dengan mengetahui kondisi psikologis orang tua tunggal yang memiliki anak disabilitas, sehingga menerapkan strategi coping stress yang sesuai yaitu dengan tidak mendengarkan stigma buruk orang lain, senantiasa menjalani dengan ikhlas dan menilai keberadaan anak disabilitas sebagai anugerah dari Allah. Hal itu dapat meningkatkan kesejahteraan kondisi psikologis orang tua tunggal yang memiliki anak disabilitas.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 08:26 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 06:28 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |