Implementasi P5PPRA dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah

Siregar, Evi Rizky Sari (2024) Implementasi P5PPRA dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam. ISSN 2614-3860

[img] Text
13_Artikel_Jurnal_yang_Sudah_Terbit.pdf

Download (798kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan P5PPRA dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Aqidah Akhlak di MAN 1 Medan, meliputi perencanaan, pelaksanaan, serta faktor penghambat dan pendukungnya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Observasi, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penilaian. Terlebih lagi, prosedur pemeriksaan informasi dalam eksplorasi ini menggunakan pengumpulan informasi, penyajian informasi, dan pengambilan keputusan. Dampak dari penjajakan ini adalah MAN 1 Medan telah melaksanakan P5PPRA dengan baik meskipun pelaksanaan kurikulum merdeka masih 70%, serta telah melakukan persiapan yang matang dalam melaksanakan P5PPRA. Pelaksanaan pembelajaran diselesaikan secara tim dengan pendidik mata pelajaran kelas X. (1). Keterlibatan Sumber Daya Manusia (SDM) bertanggung jawab terhadap faktor pendukung (2). Menyediakan Anggaran dan Fasilitas, (3). Terdapat kelas minat bakat. Sumber kendalanya adalah para pendidik sendiri karena masih gaptek terhadap teknologi dan belum memahami bagaimana kurikulum mandiri dapat diterapkan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 07:18
Last Modified: 11 Feb 2025 06:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24743

Actions (login required)

View Item View Item