Lubis, Alifah Alwani (2024) Urgensi Komunikasi Islam Dalam Bimbingan Untuk Mecegah Hedonisme Siswi. Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.
![]() |
Text
30345-91705-1-PB_(1)_(2).pdf Download (328kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencegah Hedonisme pada siswi yang berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakanpendekatan deskriptif.Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswi dan 1 guru Bimbingan Konseling di sekolah tersebut. Penelitian dilakukan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Gaya hedonisme siswi dipengaruhi berdasarkan factor internal dan ekternal. Dalam hal ini komunikasi sangat penting dalam bimbingan yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan, karena proses bimbingan dapat mencegah siswi dari kehidupan hedonisme. Komunikasi dibutuhkan untuk mempermudah dan memperlancar proses bimbingan dengan tujuan untuk mewujudkan siswi yang aktif dalam pelaksanaan bimbingan. Implikasi penelitian ini secara teoritis, yaitu berguna untuk mengetahui urgensi komunikasi Islam untuk mencegah hedonisme pada siswi melalui proses bimbingan yang dilaksanakan oleh guru Bimbingan dan Konseling sehingga siswi dapat menggunakan barang-barang yang sewajarnya dipakai disekolah, sedangkan secara praktis, yaitu sebagai pembelajaran kepada pembaca agar bisa mengatur mindset dalam memandang sesuatu dan mengunakan barang sesuai kebutuhan dan kemampuan sehingga nnatinya tidak terjadi kehodonisme pada suatu barang sehingga dapat menganggu atau membahyakan diri sendiri.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:44 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:44 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24656 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |