Rahmadani, Riska (2024) Pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik selfcontrol dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10 (1). pp. 294-300.
![]() |
Text
Jurnal_Kolokium_Riska_Rahmadani-0303202065.pdf Download (643kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan teknik self-control dalam mengatasi kejenuhan belajar pada siswa. Hipotesis dari penelitian ini bahwa teknik self-control mempengaruhi siswa dalam mengatasi kejenuhan belajar. Dengan populasi penelitian sebanyak 55 siswa dari 2 kelas X yakni mencakup kelas X-1 dan X-2 SMA Negeri 1 Sei Suka Kabupaten Batu Bara. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 12 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian berupa eksperimen yang menggunakan pengukuran berupa pre-test dan post-test group. Adapun hasil dalam penelitian menunjukkan bahwalayanan bimbingan kelompok dengan teknik self-control dapat mempengaruhi kejenuhan belajar pada siswa, hal ini ditunjukkan hasil signifikan pada data yang didapatkan pada uji t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 3,760 > 2,201. Dengan demikian bahwa terdapat pengaruh pada layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-control terhadap kejenuhan belajar siswa.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 05 Feb 2025 04:36 |
Last Modified: | 05 Feb 2025 04:36 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24649 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |