Peran Guru Mengaji Dalam Membimbing Remaja Untuk Melek Membaca Alquran Di Kelurahan Pangakalan Mansyur Kecamatan Medan Johor

SAYUTI, MUHAMMAD (2024) Peran Guru Mengaji Dalam Membimbing Remaja Untuk Melek Membaca Alquran Di Kelurahan Pangakalan Mansyur Kecamatan Medan Johor. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

[img] Text
Cover_(1)-compressed_copy.pdf

Download (765kB)
[img] Text
freecompress-bab_I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB_II-compressed (1).pdf

Download (468kB)
[img] Text
freecompress-Bab_III (1).pdf

Download (321kB)
[img] Text
freecompress-Bab_IV.pdf

Download (619kB)
[img] Text
freecompress-Bab_V.pdf

Download (130kB)
[img] Text
freecompress-Dapus_Lampiran.pdf

Download (248kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjelaskan tentang: Strategi dalam membimbing remaja untuk sadar membaca Alquran, penerapan bimbingan remaja membaca Alquran, kendala dan upaya penanggulangannya.Jenis penelitian skripsi ini adalah penelitian kualitatif, dengan corak penelitian studi lapangan (field research). Sumber primer skripsi ini adalah hasil observasi Kelurahan Pangakalan Mansyur Kecamatan Medan Johor khususnya di Mesjid Al-Ikhlas, hasil wawancara terhadap informan, guru ngaji, masyarakat Kelurahan Pangakalan Mansyur Kecamatan Medan Johor. Hasil penelitian menunjukkan: Strategi dalam membimbing remaja untuk sadar membaca Alquran, dengan dua pendekatan, yakni: Pertama, upaya agar remaja untuk dekat dan senantiasa untuk beraktivitas di mesjid dan areal mesjid, meliputi: Mengikutsertakan remaja dalam kegiatan perayaan hari besar Islam; mengajak remaja untuk bergotong royong; mengadakan pertandingan antar remaja; membawa serta remaja ke acara kegiatan mesjid di kelurahan; memberikan tanggung jawab remaja untuk ikut dalam aktivitas wirid yasin; membuat kegiatan pesantren kilat; mengajak remaja untuk ikut pengajian mingguan; menyarankan kepada setiap orang tua memberikan hadiah. Kedua, upaya agar remaja termotivasi untuk mau belajar membaca Alquran, meliputi: Mengundang qari remaja dari daerah luar; memberikan ustaz materi tentang keutamaan pandai dalam membaca Alquran; menghadiahkan remaja satu buah mushaf Alquran dan Iqra’; menggratiskan biaya belajar Alquran; hadiah bagi remaja yang mempunyai kemampuan yang cepat dalam belajar. Penerapan bimbingan remaja membaca Alquran, dengan cara pemberian materi tajwid dengan media white board, mengklasifikasikan pembagian waktu pengajaran antara Alquran dan pembelajaran Iqra’, mengikutsertakan remaja yang mahir untuk turut memberikan pengajaran terhadap temannya. Kendala dan upaya penanggulangannya, kendala guru ngaji yang kurang, menyikapi permasalahan ini tim guru ngaji memberikan kesempatan remaja yang mahir untuk mengajar temannya; remaja minder karena kajiannya belum sampai kepada Alquran, dilakukan upaya pengklasifikasian waktu belajar; kurang minatnya remaja turut hadir belajar Alquran, ditanggulangi dengan mengikkutsertakan orang tua remaja menasihati anak-anak remaja, memberikan hadiah bagi anak remaja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 03:13
Last Modified: 05 Feb 2025 03:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24587

Actions (login required)

View Item View Item