Analisis Komunikasi Pemasaran Mobil Melalui Web Series dalam Kanal Youtube Toyota Indonesia

Hazri, Baiq Marcelina Geovani (2024) Analisis Komunikasi Pemasaran Mobil Melalui Web Series dalam Kanal Youtube Toyota Indonesia. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development.

[img] Text
931-Article_Text-3595-1-10-20240629.pdf

Download (838kB)

Abstract

Saat ini, dengan berkembangnya media internet, bermunculan media-media baru yang mempromosikan produk-produk dari berbagai perusahaan. Salah satunya adalah web series yang merepresentasikan inovasi baru dalam komunikasi pemasaran produk. Kesuksesan web series dalam menarik jumlah penonton akhirnya mendorong perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan promosi produk mereka melalui web series. Pemasaran melalui web series ini digunakan oleh Toyota dalam kanal youtubenya. Salah satu web seriesnya berjudul Jejak Warna: Cerita Tentang Perubahan yang mencapai 6,8 juta viewers. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif dengan teknik observasi dari web series dengan menggunakan model AISAS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaran Toyota Indonesia mengkomunikasikan pesan verbal dan visual dalam web series "Jejak Warna: Cerita Tentang Perubahan". Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : Toyota Indonesia menggunakan web series sebagai bentuk komunikasi pemasaran mobil, Toyota Indonesia memanfaatkan strategi tersebut untuk mendapatkan awareness dari anak muda; Tingginya engagement menunjukkan bahwa web series Jejak Warna: Cerita Tentang Perubahan berhasil menyampaikan pesan dan menarik minat penonton. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya likes dan komentar audiens pada tiap episode web series tersbut; Penggunaan elemen visual yang kreatif, seperti gambar, video, dan grafis yang menarik, membantu iklan dalam web series Jejak Warna: Cerita Tentang Perubahan untuk menonjol dari iklan lain dan memikat perhatian penonton.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:56
Last Modified: 05 Feb 2025 02:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24577

Actions (login required)

View Item View Item