Pengaruh Strategi Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Wudhu Kelas Vii Di Mts Swasta Tpi Padang Hunik

Ulfa Lubis, Maria Pengaruh Strategi Practice Rehearsal Pairs Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Wudhu Kelas Vii Di Mts Swasta Tpi Padang Hunik. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS).

[img] Text
13__Artikel_yang_Sudah_Terbit.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih materi wudhu kelas VII di MTs Swasta TPI Padang Hunik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif desain kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan adalah siswa/i kelas VII dengan jumlah 52 orang. Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan instrument test pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji paired sampel t test, uji homogenitas, dan uji independent sampel t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signifikan dari strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar fikih siswa MTs Swasta TPI Padang Hunik. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan data bahwa sig.(2-tailed) menunjukkan angka 0,034 < 0,05. Selanjutnya, diperoleh t-hitung sebesar 2,186 dan t-tabel(0,05/2;df) sebesar 1.314 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar fikih siswa kelas VII di MTs Swasta TPI Padang Hunik.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 05 Feb 2025 02:13
Last Modified: 05 Feb 2025 02:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24544

Actions (login required)

View Item View Item