Strategi Bertahan Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Nagari Ujung Gading di Tengah Perkembangan E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam

Adelia, Adelia (2024) Strategi Bertahan Pedagang Pakaian di Pasar Tradisional Nagari Ujung Gading di Tengah Perkembangan E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan, 21 (2). pp. 599-574.

[img] Text
Artikel_Adelia_Strategi_Bertahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Bagaimana dampak perkembangan e-commerce terhadap pedagang pakaian di pasar tradisional Nagari Ujung Gading, strategi bertahan pedagang pakaian ditengah perkembangan e-commerce dan strategi bertahan pedagang pakaian ditengah perkembangan e-commerce dalam perspektif ekonomi islam menjadi tujuan studi ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Ditemukan hasil studi bahwa perkembangan e-commerce memberikan dampak yang besar bagi pedagang tradisional yang mana dampak yang dirasakan pedagang pakaian di pasar tradisional Nagari Ujung Gading yaitu sepinya pembeli sehingga pendapatan pun otomatis berkurang, Selanjutnya strategi bertahan yang dilakukan oleh pedagang pakaian di pasar tradisional Nagari Ujung Gading yaitu mengikuti tren barang yang dijual, memberi potongan harga (diskon), menjaga kualitas barang yang dijual, dan meningkatkan jaringan sosial dengan pembeli serta mengoptimalkan pelayanan. Selain itu, ditengah perkembangan e-commerce mereka juga mengimplementasikan asas-asas landasan Ekonomi Islam seperti prinsip tauhid, prinsip kejujuran, prinsip tanggung jawab dan prinsip keadilan sebagai strategi bertahan pedagang muslim.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 04 Feb 2025 08:58
Last Modified: 04 Feb 2025 08:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24516

Actions (login required)

View Item View Item