Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di madrasah tsanawiyah

Putri, Zurriyati Pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di madrasah tsanawiyah. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia).

[img] Text
jurnal_Zurriyati_Putri.pdf

Download (556kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di MTs Alwashliyah Sei Langgei. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 dengan total populasi sebanyak 60 siswa, di mana 8 siswa menjadi sampel pada kelompok eksperimen dan 8 siswa pada kelompok kontrol. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experiment, menggunakan model non-equivalent control group pretest-posttest. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji Paired Sample T-test, yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,001 (< 0,05), menandakan bahwa hasil penelitian signifikan. Rata-rata skor pretest adalah 119 dan meningkat menjadi 131 pada posttest, menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan diri siswa setelah menerima bimbingan kelompok dengan teknik restrukturisasi kognitif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknik ini efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2025 09:04
Last Modified: 31 Jan 2025 09:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24344

Actions (login required)

View Item View Item