Pengaruh penerapan patient centred care dan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien

Wahyuni, Sri (2025) Pengaruh penerapan patient centred care dan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien. SERAMBI: Jurnal Ekonomi, 7 (1).

[img] Text
artikel_jurnal_yuni_link_publish_b__indo_benar.pdf

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan perawatan yang berpusat pada pasien dan kualitas layanan memengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit MM, Medan. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kuantitatif, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Semua uji statistik dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 25. Populasi penelitian ini meliputi pasien di Rumah Sakit MM Medan pada tahun 2024. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 pasien rumah sakit. Selain itu, data sekunder dikumpulkan dari jurnal, buku, dan penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik tersebut. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan perawatan yang berpusat pada pasien tidak secara signifikan memengaruhi kepuasan pasien; namun, penerapan kualitas layanan memiliki dampak yang signifikan terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini memberikan wawasan praktis, membantu rumah sakit menilai tingkat kepuasan pasien selama setiap kunjungan ke Rumah Sakit MM. Pernyataan kepentingan publik Menyadari peran penting kualitas layanan dalam kepuasan pasien, rumah sakit harus fokus pada peningkatan kualitas layanan di semua departemen. Peningkatan ini dapat melibatkan pelatihan staf dalam komunikasi yang efektif, daya tanggap, dan empati, memastikan pasien merasa dihargai dan diperhatikan selama kunjungan mereka.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 31 Jan 2025 01:56
Last Modified: 31 Jan 2025 01:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24246

Actions (login required)

View Item View Item