Pengaruh Penerapan Konseling Kelompok untuk Menurunkan Stress Akademik Siswa di Sekolah Vokasi

Pulungan, Alimatuk Sakdiyah (2024) Pengaruh Penerapan Konseling Kelompok untuk Menurunkan Stress Akademik Siswa di Sekolah Vokasi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 15 (1).

[img] Text
jurnal_publish_alima.pdf

Download (319kB)

Abstract

Stress akademik menjadi salah satu problem siswa untuk mencapai prestasinya, strees ini terjadi disebabkan karena adanya menundaan dalam mengerjakan tugas sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat stress akademik siswa. Hal ini juga mengungkapkan tingkat stress akademik dengan angka yang tinggi merupakan hal yang tidak menguntungkan bagi peserta didik dikarenakan sebagian besar waktu belajar dihabiskan dengan sia sia di sekolah. Jenis penelitian ini dengan menggunakan kuantitatif melalui pendekatan eksperimen dan desain penelitian ini yaitu one group pretest-post-test. Subjek penelitian ini yaitu kelas X TKJ, populasinya terdiri dari 27 siswa dan sampelnya 9 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Analisis data dengan menggunakan Uji Paired T Tes. Hasil analisis data pretest dan posttest stress akademik diperoleh nilai hasil paired t-test dengan Sig. (2-tailed) didapatkan nilai sebesar p= 0,000. karena nilai p <0.05, maka hipotesis yang diterima adalah Ha yang berarti bahwa ada perbedaaan yang signifikan tingkat stress akademik. Hasil analisis data stress akademik dapat disimpulkan bahwa bukti empiris ini mendukung hipotesis dalam penelitian ini, yaitu layanan konseling kelompok efektif dan berpengaruh untuk menurunkan stress akademik siswa.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Mental processes and intelligence
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 30 Jan 2025 07:19
Last Modified: 30 Jan 2025 07:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24219

Actions (login required)

View Item View Item