Aisyah, Raja Siti (2024) Pengembangan Modul Berbasis STEM Pada Materi Sistem Respirasi Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA/MA. Diploma thesis, UIN Sumatera Utara.
Text
cover_ttd_raja_(3).pdf Download (906kB) |
|
Text
bab_1_watermak.pdf Download (510kB) |
|
Text
BAB_II_watermak.pdf Download (813kB) |
|
Text
BAB_III_watermak.pdf Download (626kB) |
|
Text
BAB_IV_watermak.pdf Download (648kB) |
|
Text
BAB_V_watermak.pdf Download (240kB) |
|
Text
dafus_watermak.pdf Download (484kB) |
Abstract
Modul merupkan salah satu media pembelajaran, dengan adanya basis kegiatan belajar yang tercakup didalamnya. Modul dapat dijadikan salah satu media pembelajaran biologi yang dapat digunakan dalam mendukung proses belajar yang dapat diintegrasikan dengan pendekatan STEM. Penelitian bertujuan untuk nantinya melihat bagaimana kelayakan modul sistem respirasi berbasis STEM untuk meningkatkan literasi sains berdasarkan aspek validitas, kepraktisan serta efektivitas modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model penelitian model ADDIE. Kevalidan modul diperoleh dari lembar validasi. Validasi modul pada aspek materi mendapat persentase 96%, pada aspek media mendapatkan persentase 96% dan pada aspek lembar tes mendapat persentase 91,6%. Kepraktisan modul diperoleh dari angket respon guru dan respon siswa. Kepraktisan dari angket respon guru diperoleh persentase 92,6% dan kepraktisan dari angket respon siswa diperoleh persentase 98,11%. Keefektifan modul diperoleh dengan prettest dan posttest. Efektifitas dari hasil prettest dan posttest didapatkan nilai n-Gain 0,697 dengan persentase 69%. Dengan hasil tersebut maka modul dinyatakan layak untuk digunakan. Dengan demikian, kedepannya diharapkan modul dapat digunakan dalam pembelajaran dan penelitian kedepannya.
Jenis Item: | Skripsi (Diploma) |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 507 Education, research, related topics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24165 |
Actions (login required)
View Item |