Hasibuan, Irma Diani (2024) Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Strategi Fire Up untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha.
![]() |
Text
Irma_Diani_HSB_jurnal.pdf Download (263kB) |
Abstract
Prokrastinasi akademik merupakan kebiasaan untuk menunda atau menghindari aktivitas yang berada di bawah pengawasan seseorang. Prokrastinasi dapat disebut sebagai penggunaan waktu yang tidak efisien dan kecenderungan untuk tidak segera memulai pekerjaan ketika diberikan tugas. Penundaan atau penghindaran suatu tugas inilah yang kemudian disebut prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status prokrastinasi akademik siswa saat ini, mendeskripsikan gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa, menganalisis penerapan layanan informasi dengan strategi Fireup yang bertujuan untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan dalam bimbingan konseling (PTBK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah observasi, wawancara, dan skala prokrastinasi akademik siswa yang sudah di validasi ahli Bimbingan Konseling. Hasil penelitian menunjukkan sebelum pemberian layanan informasi, prokrastinasi akademik siswa masuk kedalam ketegori tinggi. Sesudah dilaksanakan layanan informasi di siklus I adanya perubahan dengan kategori cukup berhasil dengan ketuntasan layanan sebesar 51,61%. Dilanjutkan dengan diberikannya layanan informasi pada siklus II adanya perubahan dengan kategori berhasil dengan ketuntasan layanan sebesar 87,09%. Pada 24 siswa dari 31 siswa diantaranya menunjukkan perubahan dengan kategori prokrastinasi akademik rendah dan 7 siswa memliki kategori prokrastinasi akademik sedang.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 020 Library and information sciences |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 03:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 03:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24141 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |