Tumanggor, Nurjannah (2024) Efektivitas Ekstrakurikuler Tilawah dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa MTs Swasta Al-Washliyah 18 Tembung. Instructional Development Journal (IDJ), 7 (2).
![]() |
Text
Artikel_jurnal_(Nurjannah_Tumanggor).pdf Download (252kB) |
Abstract
Implementasi ekstrakurikuler tilawah menjadi wadah atau tempat untuk memberikan pendampingan bagi siswa dalam membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid di MTs Swasta Al-Washliyah 18 tembung. Adapun penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana efektivitas ekstrakurikuler tilawah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Teknik validasi atau keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwasanya kehadiran ekstrakurikuler tilawah yang diterapkan MTs Swasta Al- Washliyah 18 Tembung memberikan efek atau implikasi dalam meningkatkan kualitas pada bacaan Al-Qur’an siswa. Dengan demikian siswa dapat melafadzkan bacaannya sesuai dengan kaidah tajwid serta mendorong hal positif kepada siswa dengan percaya diri tampil di depan umum.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 08:40 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 08:40 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |