Kencana, Tirta (2024) Analisis Gender dalam Iklan Sunlight dan Detergen Sayang di Televisi. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal.
![]() |
Text
HC_Jurnal.pdf Download (1MB) |
Abstract
Gender merupakan hasil dari konstruksi sosial yang dibangun, dipahami, dan dipertahankan di dalam bermasyarakat. Gender lahir karena adanya persepsi dari masyarakat terkait peran, perilaku, dan identitas jenis kelamin setiap individu. Pembagian peran, perilaku, dan identitas gender juga bisa berasal dari kesalahpahaman paradigma masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran gender dalam iklan Sunlight seri Ibu Ratna Hayati pemilik usaha rendang (2024) dan detergen Sayang 2 in 1 detergen plus pelembut seri Putri Ariani dan Via Vallen (2023) di televisi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada pengamatan dan pemahaman terhadap fenomena sosial. Metode ini mencakup pendekatan deskriptif rinci (tick description) untuk menggambarkan semua aspek yang terkait dengan subjek penelitian. Instrumen dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teori semiotika Ferdinand de Saussure untuk mencari tanda makna penanda dan petanda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Sunlight memberikan gambaran bahwa laki-laki dan perempuan adalah saling membantu, tidak lagi terlalu membenarkan peran gender yang dibuat oleh konstruksi sosial. Sedangkan iklan detergen Sayang turut membenarkan peran gender, khususnya perempuan bahwa mencuci pakaian adalah tugas perempuan. Hal itu diperkuat oleh slogannya, yakni Karena Ibu Perlu Dikasih Sayang dan warna merah jambu yang mendominasi.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 06:57 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 06:57 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24021 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |