Arya, Dimas Analisis Sentimen Terhadap Program Kampanye Desak Anies Di X Menggunakan Naïve Bayes. Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer.
![]() |
Text
Bebas_Pustaka (1).pdf Download (658kB) |
Abstract
Teknologi informasi memberikan banyak pengaruh termasuk politik, ekonomi, seni, budaya, sosial, dan pendidikan. Pada tahun 2023 jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 215,63 juta. Peningkatan ini menunjukkan betapa pentingnya platform media sosial seperti X dalam diskusi publik. Semua perhatian tertuju pada kampanye politik menjelang pemilu presiden Indonesia tahun 2024. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sentimen masyarakat terhadap kampanye dua arah seperti “Desak Anies” di X. Dengan menggunakan algoritma Naive Bayes, peneliti membagi sentimen masyarakat menjadi 3 kategori yaitu positif, negatif, dan netral. Ini menunjukkan opini publik dan efektivitas strategi kampanye, penelitian ini menganalisis opini masyrarakat sebanyak 1401 data komentar. Algoritma Naive Bayes dikenal sangat baik dalam mengklasifikasi teks, diikuti dengan pre-processing teks berguna untuk membersihkan data teks agar bisa diolah lebih lanjut. Selanjutnya TF-IDF digunakan dalam mengekstraksi fitur. Dengan menggunakan algoritma Naive Bayes, klasifikasi sentimen menunjukkan distribusi opini publik terhadap kampanye “Desak Anies”. Hasilnya memberikan saran yang bermanfaat bagi tim Amin dalam memperbaiki strategi mereka. Hasil klasifikasi menunjukkan akurasi sebesar 90%, presisi 96%, recall 93%, dan F1-score 95%. Dengan komentar positif lebih banyak dibandingakan komentar netral dan negatif.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 000 Generalities > 005 Computer programming, programs, data |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 04:56 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 04:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/24009 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |