Pasaribu, Anju Yurika and Harahap, Muhammad Nazaruddin and Putri, Rizki Amaliyah and Arlina, Arlina (2025) Implementasi Strategi Metode Debat di Madrasah Tsanawiyah Zia Salsabila Medan Tembung. TIPS : Jurnal Riset, Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3 (1). pp. 1-11. ISSN 3046-7381
Text
2. IMPLEMENTASI STRATEGI METODE DEBAT NON 2025 GOOGLE.pdf Download (294kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode strategi debat dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mengidentifikasi berbagai klasifikasi serta urgensinya. Metode yang digunakan adalah metode studi lapangan dengan mengumpulkan beberapa sumber observasi berupa wawancara dan dokumentasi yang otoritatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi dan teori pembelajaran aktif.. metode debat Debat merupakan proses komunikasi lisan yang melibatkan pertukaran pendapat dengan tujuan mempertahankan argumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). metode debat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar, dengan fungsi utama menyediakan informasi dan pengetahuan yang diperlukan untuk pengembangan kompetensi siswa. Penelitian ini juga mengklasifikasikan metode debat menjadi dua teori utama yaitu teori komunikasi dan teori pembelajaran aktif dan metode debat yang dimanfaatkan dari lingkungan pendidikan atau masyarakat sekitar. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan metode strategi debat yang berbagai jenis untuk melahirkan pengalaman belajar yang lebih ampuh serta berguna untuk siswa dalam memahami ajaran agama Islam.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Metode, Debat |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 07:27 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 07:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23969 |
Actions (login required)
View Item |