Peran Guru Dalam Menangani Kenakalan Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam

Asmalia, Asmalia and Chairunnisa, Chairunnisa and Ramadhan, Maratu Naja and Danil, Muhammad Asraf and Arlina, Arlina (2024) Peran Guru Dalam Menangani Kenakalan Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4 (4). pp. 13818-13827. ISSN 2807-4238

[img] Text
116. Peran Guru Dalam Menangani Kenakalan Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul 22 AGUST 2024 SINTA 5 GOOGLE.pdf

Download (217kB)

Abstract

Studi membahas peran guru dalam menangani kenakalan siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam. Paramida,dkk (2021) mengartikan kenakalan remaja sebagai suatu kelalaian tingkah laku, perbuatan atau tindakan yang bersifat asosial yang melanggar norma dalam masyarakat. Melalui tinjauan kualitatif deskriptif dengan pendeatan studi kasus, penulis mengeksplorasi masalah dengan batasan terperinci mengenai bagaimana guru memiliki peran untuk menangani kenakalan siswa di Madrasah Tsanawiyah Nurul Ittihadiyah Lubuk Pakam. Sumber data yang digunakan adalah data primer hasil yaitu wawancara berasal dari lokasi dan objek penelitian, serta data sekunder seperti arsip dan buku pendukung. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah ditemukan kenakalan remaja berupa keributan di kelas keluar di jam KBM dan merokok, bullying serta kenakalan ringan seperti malas belajar dan tidak patuh pada guru serta peraturan sekolah. Langkah yang ditempuh guru ialah melakukan penyelesaian masalah di bimbingan konseling serta pemanggilan orang tua peserta didik, serta tidak lelah dalam memberi nasihat kepada peserta didik untuk selalu melakukan hal yang positif menjauhi perbuatan yang kurang baik.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kenakalan Siswa
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:55
Last Modified: 24 Jan 2025 02:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23954

Actions (login required)

View Item View Item