Damayanti, Wanisa Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kecerdasan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan.
Text
Tugas_Akhir_Wanisa_Damayanti.pdf Download (389kB) |
Abstract
Kecerdasan sosial siswa pada pembelajaran IPS yang menjadi pembahasan utama pada penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya siswa yang kurang percaya diri ketika diminta untuk tampil didepan kelas dan masih banyaknya siswa yang belum mampu bekerjasama dengan baik ketika diskusi kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap kecerdasan sosial siswa. Penelitian ini dilakukan pada salah satu sekolah dasar Islam terpadu di Deli Serdang, dengan subjek siswa kelas lima. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi-Eksperimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sumpling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes berupa pretest dan posttest dalam bentuk angket (kusioner). Hasil penilaian kemudian akan diolah menggunakan uji statistik berupa uji normalitas, uji homogenitas dan uji t menggunakan bantuan software IBM SPSS 25. Dengan instrument pengumpulan data menggunakan skala likert terdiri dari pernyataan dengan 4 pilihan jawaban. Hasil dari paired samples test nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 artinya adanya perbedaan kecerdasan sosial siswa menggunakan model pembelajaran Role Playing antara nilai pretest dan nilai posttest. Dengan demikian, terbukti bahwa model pembelajaran Role Playing memiliki pengaruh terhadap kecerdasan sosial siswa
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 24 Jan 2025 02:41 |
Last Modified: | 24 Jan 2025 02:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23948 |
Actions (login required)
View Item |