Analisis Sentimen dalam Penentuan Kinerja Layanan antara In-Driver dan Gojek berdasarkan Opini Masyarakat menggunakan Metode Naive Bayes

Firmansyah, Agung (2024) Analisis Sentimen dalam Penentuan Kinerja Layanan antara In-Driver dan Gojek berdasarkan Opini Masyarakat menggunakan Metode Naive Bayes. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 13 (3).

[img] Text
Jurnal_Agung_Firmansyah.pdf

Download (803kB)

Abstract

Sistem transportasi berbasis aplikasi yang terhubung dengan koneksi internet yang ramai dibicarakan oleh masyarakat adalah ojek online. Salah satu perusahaan ojek online terkemuka di Indonesia adalah Gojek dan In-Driver. Setiap pelanggan memiliki tingkat kepuasan berbeda terhadap layanan yang diberikan oleh Gojek dan In-Driver Indonesia, sehingga selalu ada pro dan kontra berupa saran dan keluhan. Dilihat dari permasalahan yang ada, maka diperlukan sebuah solusi berupa analisis terhadap saran maupun keluhan yang diterima oleh perusahaan. Adapun permasalahan pengklasifikasian sebuah kalimat sentimen ke dalam kelas–kelas tertentu dapat diselesaikan dengan metode Multinomial Naive Bayes Classifier. Data yang digunakan berjumlah 1000 data serta data yang digunakan yaitu sejumlah 500 data pertama dan 500 data tweet kedua sebagai nilai perbandingan. Hasil perhitungan data gojek menghasilkan nilai accuracy sebesar 73%, precision sebesar 72%, recall sebesar 100%, dan f1-score sebesar 84%. Pada hasil perhitungan data indriver diperoleh nilai accuracy sebesar accuracy sebesar 85,71%, precision sebesar 85,185%, recall sebesar 95,833%, dan f1-score sebesar 90,196%. Hal tersebut membuktikan bahwa algoritma klasifikasi Naïve Bayes lebih cocok digunakan pada jumlah data yang lebih sedikit.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 08:52
Last Modified: 22 Jan 2025 08:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23735

Actions (login required)

View Item View Item