Jejak Jejak Pendidikan Teologi Syekh MusthafaHusein di Sumatera Utara

Hairullah, Hairullah (2024) Jejak Jejak Pendidikan Teologi Syekh MusthafaHusein di Sumatera Utara. Doctoral thesis, UIN Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_Disertasi_Hairullah.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB_I (1).pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB_2.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB_3.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB_4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_5.pdf

Download (238kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSAKA_DISERTASI.pdf

Download (220kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pendidikanSyekh Musthafa Husein pada masa kanak-kanak masa dewasa. Kemudianpenelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui bagaimana jejak-jejak pendidikanteologi Syekh Musthafa Husein Pondok Pesantren Musthafawiyah Purba Baru. Metode yang dipakai oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode penelitiankualitatif dengan jenis studi tokoh. Dalam hasil penelitian ini diperdapati bahwaSyekh Musthafa Husein yang di waktu kecilnya bernama Muhammad Yatimlahir pada tahun 1886 M./1303 H. di desa Tano Bato. Setelah shalat Ashar berjama’ahdi Masjid kembali kerumah berkumpul bersama keluarga sambil duduk-dudukbermain dengan anak-anak di pekarangan rumah sampai menjelang waktu Magrib. Disaat menjelang waktu Magrib, beliau berangkat ke masjid bersama denganbeberapa muridnya. Sebagian murid ada yang membawa lampu dan ada pula yangmembawa kitab yang akan dikaji setelah selesai shalat Magrib, para murid dudukmelingkar dan guru (Syekh Musthafa Husein) duduk ditengah diatas bangku/ kursi. Pengajian ini berlangsung hanya antara Magrib dan isya setiap hari. Setelahselesai shalat Isya berjama’ah, beliau kembali ke rumah bersama-sama denganmuridnya. Pada saat pondok Pesantren ini didirikan oleh Syekh Musthafa Huseinbahwa pelajaran dan keilmuan yang diajarkan adalah ditetapkan beliau sendiri. Kurikulum yang ditetapkan ini adalah mengacu kepada pengalamanpendidikan beliau selama belajar di Makkah (1900-1912). Beliau pernahmengatakan pada saat dilakukan Konferensi Murid Pondok PesantrenMusthafawiyah pada tahun 1952 di Purbabaru yang dihadiri oleh ribuan muridnyadan masyarakat sekitar, beliau berpesan: Wahai anak-anakku sekalian perlusayasampaikan pada kesempatan ini bahwa pelajaran dan ilmu pengetahuan yangsayaberikan ini adalah sama dengan yang saya pelajari selama belajar agama Islamdi Makkah, untuk itu saya meminta agar ilmu-ilmu Islam yang telah saya berikanini supaya diteruskan oleh anak-anakku sekalian. Sistem pendidikan Islamyangdibangun oleh Syekh Musthafa Husein sejak berdiri adalah klasikal yaitu denganmodel berjenjang yaitu kelas satu sampai kelas tujuh. Jenjang pendidikanini berbeda dengan sistem pendidikan yang berlaku sekarang yang hanya selama tigatahun di tingkat Tsanawiyah dan tiga tahun di tingkat Aliyah.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X9 SEJARAH ISLAM DAN BIOGRAFI > 2X9.9 Aspek sejarah lainnya
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:08
Last Modified: 22 Jan 2025 07:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23693

Actions (login required)

View Item View Item