Arrafiq, Muhammad Sunni (2024) Analisis Sentimen Pengguna Terhadap Layanan Aplikasi Seabank Indonesia di Instagram Menggunakan Metode Support Vector Machine. Journal of Information System Research (JOSH), 5 (4).
![]() |
Text
5620-Article_Text-21742-1-10-20240801.pdf Download (1MB) |
Abstract
Berbagai aspek kehidupan telah berubah secara signifikan oleh kemajuan teknologi yang pesat; ini termasuk industri perbankan, yang telah mengembangkan layanan perbankan digital. SeaBank adalah aplikasi perbankan digital yang memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal tentang uang kita, mulai dari menabung hingga melakukan transaksi online dengan ponsel kita kapan pun dan di mana pun. Dengan menggunakan metode Support Vector Machine (SVM) untuk mengklasifikasikan komentar pengguna di akun Instagram SeaBank Indonesia menjadi komentar positif dan negatif, penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara analisis untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan melalui sentimen ini . Data diproses dalam beberapa tahap, seperti cleaning, normalisasi, tokenisasi, penghapusan stopword, dan stemming. Kemudian algoritma SVM digunakan untuk mengklasifikasikan sentimen. Algoritma kinerja ini diukur dengan metrik seperti akurasi, presisi, recall, dan skor F1. Hasil analisis dari 1201 data komentar menunjukkan bahwa 536 data positif dan 665 data negatif . Metode Support Vector Machine menunjukkan akurasi sebesar 89%, presisi sebesar 93%, recall sebesar 83%, dan flscore sebesar 88%.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 307 Communities |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Ilmu Komputer |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:10 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23633 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |