Yusra, Isna (2024) Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wordwall Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JP2M (Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika), 10 (1).
Text
Artikel_Jurnal_Isna_Yusra_(0305202007).pdf Download (771kB) |
Abstract
Untuk memaksimalkan kapasitas minat belajar siswa kelas VIII MTSS AlWashliyah Tembung tahun ajaran 2023–2024, penelitian ini mencoba memperdalam teknik penilaian pembelajaran matematika memanfaatkan Wordwall pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan model ADDIE. Subjek uji coba ditentukan oleh peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di MTSS Al-Jamiyatul Al-Washliyah Tembung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket, dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Produk yang dihasilkan yakni semula siswa jenuh dan bosan menjadi bersemangat dan menyenangkan. Sedangkan pada guru yang semula memerlukan tenaga dan waktu extra menjadi lebih praktis menilai hasil belajar siswa karena sudah terekam otomatis pada Wordwall. 2) Hasil rata- rata keseluruhan ahli evaluasi diperoleh 95% sehingga evaluasi Wordwall sangat layak diujicobakan kepada siswa dengan sebaran angket respon siswa diperoleh 84% sehingga evaluasi pembelajaran Wordwall sangat layak digunakan. 3) Hasil rata-rata angket respon siswa skala kecil diperoleh 84% dengan kategori sangat praktis dan pada skala besar memproleh persentase sebesar 88% dengan kategori sangat praktis, dan perolehan angket respon guru mendapatkan skor persentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran berbasis Wordwall ini layak diterapkan.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 01:53 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 01:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23600 |
Actions (login required)
View Item |