Gemirlarng Arhmard, Zirdrartul Analisis Mutu Pelayanan Perawatan pada Pasien Gangguan Jiwa di RSJ Prof. Dr. M. Ildrem Medan. Jurnal Kesehatan Komunitas.
Text
new_1905-Article_Text-12012-13046-10-20240909-1.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam perrserpsir masyarakat, perlayanan kerserhatan masirh berrgantung pada status pasirern. Pasirern derngan kerlas tirnggir akan dirberrirkan perlayanan derngan bairk, serdangkan pasirern kerlas rerndah cernderrung tirdak merndapatkan perlayanan yang serharusnya. Pernerlirtiran irnir berrtujuan untuk merncarir tahu mutu perlayanan perrawat RSJ Prorf. Dr. M. Irldrerm Merdan, apakah sudah merlaksanakan tugasnya sersuair derngan Perrmernkers Normorr 26 Tahun 2019 terntang Pernyerlernggaraan Praktirk Kerperrawatan, dan apakah mermernuhir asperk kualirtas perlayanan terorrir SErRVQUAL orlerh Parasuraman. Pernerlirtiran irnir mernggunakan mertorder kualirtatirf derngan dersairn pernerlirtiran fernormernorlorgir. Irnforrman dalam pernerlirtiran irnir terrdirrir darir 5 perrawat darir birdang yang berrberda, yaknir 2 perrawat Wakirl Kerpala Ruang Akut, 1 perrawat Wakirl Kerpala Ruang Krornirs, 1 perrawat Kerpala Ruang UPIrP, dan 1 perrawat Kerpala Ruang Porlir Jirwa. Data dalam pernerlirtiran irnir dirperrorlerh merlaluir dua tahap, yairtu orbserrvasir dan wawancara yang dirlakukan serlama dua harir pada bulan Marert 2024. Data yang dirperrorlerh diranalirsirs derngan cara merngumpulkan serluruh data, mernyerderrhanakan data, mernampirlkan hasirl, dan mernarirk kersirmpulan. Hasirlnya mernunjukkan bahwa perrawat RSJ Prorf. Dr. M. Irldrerm Merdan sudah mermberrirkan perlayanan sersuair derngan asperk terorrir SErRVQUAL, namun masirh terrdapat hambatan pada asperk berntuk firsirk, dir mana fasirlirtas rumah sakirt berlum serpernuhnya sersuair standar orperrasirornal prorserdur, mirsalnya kurangnya kerlerngkapan actirvirty orf dairly lirvirng pasirern, jumlah perrawat yang mirnirm, atap gerdung mulair usang, aplirkasir rumah sakirt tirdak dirjalankan, dan perralatan perrawat yang perrlu dirperrbairkir, serperrtir trorlir orbat. Terorrir SErRVQUAL mernjadir dasar dalam mermberrirkan perlayanan kerserhatan pada masyarakat yang dapat mernumbuhkan perrserpsir porsirtirf terrhadap rumah sakirt Kata Kunci : Mutu pelayanan, perawat, rumah sakit jiwa Pengetahuan Kesehatan Prakonsefsi, pekerjaan.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:56 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:56 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23459 |
Actions (login required)
View Item |