Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teori Kognitivisme Untuk Memotivasi Tingkat Belajar Siswa

Rezky, Sri Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teori Kognitivisme Untuk Memotivasi Tingkat Belajar Siswa. Jurnal Eksplorasi Pendidikan.

[img] Text
SRI_REZKY_ARTIKEL_JURNAL.pdf

Download (160kB)

Abstract

Penelitian ini di lakukan untuk dapat melihat keefektifan siswa dalam meningkatkan motivasi belajarnya yang rendah. Dalam permasalahan yang terjadi pada siswa tersebut terdapat 6 karakteristik, dan yang terlihat hanya lah 4 karakteristik yaitu Adanya hasrat dan keinginan berhasil, Adanya dorongan dan kebutuhan belajar, Adanya harapan atau cita-cita masa depan, Adanya penghargaan dalam belajar. 2 karakteristik yang tidak terlihat yaitu Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar dan Adanya lingkungan belajar yang kondusif. Tujuan penelitian di MAN 3 Langkat dapat memotivasi tingkat belajarnya. Metode yang di gunakan yaitu metode kualitatif deskriptif. Teknik analisa data yang di gunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan partisipan yaitu siswa MAN 3 Langkat 10 orang, guru wali kelas 3 orang dan guru BK 3 orang. Hasil penelitian ini di lakukan oleh guru BK dengan Layanan bimbingan kelompok menggunakan teori kognitivisme dengan teknik diskusi. Maka siswa di sekolah MAN 3 Langkat ini sudah efektif dengan menerapkan Layanan bimbingan kelompok menggunakan teori kognitivisme. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teori kognitivisme ini dapat membantu meningkatkan motivasi belajar siswa yang rendah. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Layanan Bimbingan Kelompok, Teori Kognitivisme

Jenis Item: Artikel
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 107 Education, research in philosophy
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 16 Jan 2025 08:07
Last Modified: 16 Jan 2025 08:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23345

Actions (login required)

View Item View Item