Pratama, Muhammad Habibi Putra (2024) Strategi Komunikasi Digitalisasi Ganjar Pranowo Menuju Pilpres 2024. MEDIUM, 12 (1).
Text
Strategi_Komunikasi_Digitalisasi_Ganjar_Pranowo_Menuju_Pilpres_2024.pdf Download (793kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi digitalisasi Ganjar Pranowo sebagai capres 2024 selama kampanye berlangsung. Fokusnya adalah pendayagunaan dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat politik guna menaikkan elektabilitas Ganjar Pranowo sebagai capres. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, sebab penelitian kualitatif ini menjurus ke penafsiran fenomena yang terjadi, yaitu peneliti sebagai instrumen kunci. Teknik analisis isi diterapkan pada penelitian ini guna memaknai setiap strategi komunikasi digitalisasi Ganjar Pranowo berupa unggahan dari konten di media sosial. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui observasi di media sosial, dan data sekunder didapatkan melalui dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo memanfaatkan digitalisasi untuk meningkatkan elektabilitasnya di Pilpres 2024. Dengan konten yang tersebar luas di media sosial, Ganjar mencoba membangun komunikasi yang kuat dengan masyarakat. Namun, sampai pada akhir waktu kampanye berlangsung, Ganjar tidak mampu menaikkan elektabilitasnya sebab stigma masyarakat yang melekat menyebabkan kepercayaan mereka perlahan surut kepada sosok ganjar yang diusung sebagai calon presiden 2024.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 303 Social processes |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Siti Masitah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:29 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23326 |
Actions (login required)
View Item |