Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Dan Kualitas Makanan Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Malahayati

Irmayani, Devi (2024) Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Dan Kualitas Makanan Pada Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Malahayati. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img] Text
8614-23432-2-PB.pdf

Download (451kB)

Abstract

Latar Belakang : Kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan gizi sangat mempengaruhi citra rumah sakit secara keseluruhan dan berimplikasi pada peningkatan pemasukan rumah sakit. Beberapa masalah yang seringkali terjadi berkaitan dengan kepuasan pasien terhadap makanan yang disajikan salah satunya jenis makanan yang dihidangkan berkali-kali dalam jangka waktu yang singkat akan menyebabkan pasien merasa bosan. Hal ini akan menyebabkan nafsu makan pasien menurun dan konsumsi makan pasien berkurang. Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dan kualitas makanan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Malahayati. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain studi deskriptif analitik dan menggunakan metode (cross sectional) karena bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan mencari tahu kolerasi antara variabel independent dengan variabel dependen dalam satu waktu. Hasil Penelitian : Menunjukkan bahwa adanya hubungan pelayanan makanan dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Malahayati, adanya hubungan kualitas makanan dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Malahayati. Kesimpulan : Masih adanya faktor yang menjadi penyebab tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dan kualitas makanan pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Malahayati dan diharapkan pihak Rumah Sakit dapat mengatasi permasalahan tersebut. Saran : Perlu diadakannya evaluasi tingkat kepuasan pada pasien secara berkala, sehingga instalasi gizi dapat memantau seberapa besar kepuasan pasien terhadap pelayanan dan kualitas makanan yang diberikan dan pencapaian standar pelayanan minimal (SPM) untuk sisa makanan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 361 General social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 15 Jan 2025 04:32
Last Modified: 15 Jan 2025 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23249

Actions (login required)

View Item View Item