Impelementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kewirausahaan (Studi Kasus Wisma Barbershop)

Syaputra, Andrian (2024) Impelementasi Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kewirausahaan (Studi Kasus Wisma Barbershop). Jurnal Manajemen Bisnis.

[img] Text
Jurnal_Ekonomi_Andrian_Syaputra.pdf

Download (531kB)

Abstract

Beberapa masalah yang sering muncul termaksud dengan kurangnya pemahaman dan implementasi yang konsisten, seperti banyak pemilik dan karyawan barbershop yang masih kurang memahami bagaimana menerapkan etika bisnis islam secara konsisten dalam operasional sehari-hari. Menyebabkan persaingan yang ketat dalam industri barbershop, dan juga menjadi faktor yang mempengaruhi implementasi etika bisnis Islam Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik bisnis Islam diterapkan dalam konteks kewirausahaan, dengan penekanan khusus pada wisma barbershop. Metode studi kasus kualitatif deskriptif digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana etika bisnis Islam diterapkan dalam operasi sehari-hari Wisma Barbershop dan bagaimana hal itu mempengaruhi kewirausahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara dengan pemilik wisma barbershop. Untuk data kualitatif, model Miles dan Huberman digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa barbershop ini menganut etika bisnis Islam, yang meliputi prinsip-prinsip seperti moralitas dan kejujuran, tauhid, keadilan, kebebasan dan tanggung jawab. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam di salon rambut lebih dari sekadar menciptakan layanan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 14 Jan 2025 08:50
Last Modified: 14 Jan 2025 08:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/23236

Actions (login required)

View Item View Item