R, Dara Elfira and Basri, Muhammad and Farabi, Mohammad Al (2023) Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini melalui Permainan Papan Tutup Botol pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Rabbani Islamic School. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7 (3). 22642- 22648. ISSN O-ISSN : 2614-3097 P-ISSN : 2614-6754
Text
33. PENGEMBANGAN BAHASA ANAK.pdf Download (214kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan bahasa anak usia dini melalui permainan papan tutup botol pada anak usia 5-6 tahun di RA Rabbani Islamic School. Jenis penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi deskriptif analitis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan studi dokumen. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan permainan papan tutup botol dalam mengembangkan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di RA Rabbani Islamic School sudah dilakukan dengan baik. Guru melakukan permainan tersebut dengan melakukan langkah-langkah yang telah ditetapkan, yaitu guru mengumpulkan anak-anak untuk diberikan pengetahuan dan aturan-aturan serta tata tertib dalam bermain, guru menyiapkan kartu huruf yang digunakan dalam permainan papan tutup botol, guru mulai melakukan kegiatan permainan dengan memasangkan tutup botol yang sudah ditulis huruf ke botol yang ditempel pada papan dan guru meminta anak untuk memasangkan tutup botol yang huruf pada botol sesuai dengan kata yang telah ditulis pada papan dan kemudian meminta anak untuk membaca kata yang sudah disusun.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa, Permainan. |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 06:27 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 06:27 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22786 |
Actions (login required)
View Item |