Analisis Permasalahan Siswa Berdasarkan Hasil Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum dalam Penerapan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Medan

Safitri, Wilia and Farabi, Mohammad Al and Putri, Ade Chita (2023) Analisis Permasalahan Siswa Berdasarkan Hasil Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum dalam Penerapan Konseling Kelompok pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 37 Medan. Lokakarya: Journal Research And Education Studies, 2 (2).

[img] Text
27. ANALISIS AUM.pdf

Download (235kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru BK dalam melaksanakan Layanan Konseling Kelompok dan menyebarkan alat instrumen berupa Alat Ungkap Masalah atau AUM Umum. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang bermasalah pada kelas VII di SMP Negeri 37 Medan. Permasalahan siswa pada saat ini tidak lagi berputar pada masalah yang sederhana. Banyak permasalahan-permasalahan rumit terkait pribadi, pembelajaran, sosial, serta karir yang dihadapi oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Layanan Konseling Kelompok yang diberikan Guru BK terhadap siswa dengan menggunakan metode kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 37 Medan pada dasarnya telah menerapkan pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dengan baik. Layanan-layanan telah diberikan secara maksimal kepada peserta didik.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Alat Ungkap Masalah (AUM) Umum, Permasalahan Siswa, Konseling Kelompok.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 03 Oct 2024 05:05
Last Modified: 03 Oct 2024 05:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22781

Actions (login required)

View Item View Item