Albina, Meyniar and Safi, Ardiyan and Gunawan, Mhd. Alfat and Wibowo, Mas Teguh and Sitepu, Nur Alfina Sari and Ardiyanti, Rizka (2022) Model Pembelajaran Di Abad Ke 21. Jurnal Dharmawangsa, 16 (4). pp. 939-955. ISSN ISSN (P):1829-7463 \ ISSN (E):2716-3083
Text
5. ARTIKEL MODEL PEMBELAJARAN.pdf Download (522kB) |
|
Text
MODEL PEMBELAJARAN DI ABAD KE 21-2-8.pdf Download (985kB) |
|
Text
Model Pembelajaran Di Abad 21.pdf Download (420kB) |
Abstract
Belajar merupakan interaksi dari keseluruhan proses yang berkaitan dengan keadaan sekitar siswa dan siswa. Oleh karena itu, pembelajaran konvensional yang monoton dan tidak menggairahkan dalam pembelajaran khususnya bagi siswa dapat menyebabkan menurunnya semangat belajar setiap siswa, sehingga dapat mempersulit tercapainya tujuan pendidikan nasional. Solusi agar proses belajar mengajar tidak monoton atau mengurangi minat belajar dapat dilakukan dengan memberikan model pembelajaran yang menarik dalam setiap pembelajaran yang diajarkan oleh pendidik. Dalam penelitian ini terdapat berbagai jenis pembelajaran dengan model yang menarik berdasarkan pembelajaran abad 21 saat ini. Model pembelajaran tersebut adalah: 1. Pengajaran Sinergis, 2. Pencarian Informasi, 3. Pembelajaran Puzzle, 4. Pengurutan Kartu, 5. Setiap orang adalah guru di sini. Metode penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Kemudian dalam pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka, wawancara dan observasi, serta pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Kemudian, hasil pembahasan ini terdiri dari konsep model pembelajaran yang terdiri dari 1) pemahaman masing-masing model pembelajaran, 2) penerapan model pembelajaran, 3) kelebihan dan kekurangan model pembelajaran.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 04:11 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 23:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22641 |
Actions (login required)
View Item |