Albina, Meyniar and Siagian, Nurul Adha and Mazid, Miftah Ilham and Lestari, Ayu (2023) Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural (Manifestasi Manusia Cerdas Sebagai Insan Kamil). Cemara Journal, 1 (4). ISSN 2987-4092
Text
13. Manifestasi Manusia Cerdas Sebagai Insan kamil (1).pdf Download (306kB) |
|
Text
Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural.pdf Download (432kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pendidika Islam multikultural manifestasi manusia cerdas sebagai insan kamil. Dengan fokus penelitian ini membahas beberapa aspek yang diantaranya yaitu (1) Pengertian Pendidikan Islam (2) Tujuan Pendidikan Islam (3) Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural (4) Ultimate Goal Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural Manifestasi Manusia Cerdas Sebagai Insan Kamil. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif analisis studi pustaka atau disebut dengan library research. Dalam hal ini, pengumpulan data dan informasi diperoleh melalui berbagai buku, jurnal, dan penelitian terdahulu lainnya. Adapaun hasil dari penelitian ini mengungkap bahwasanya konsep pendidikan agama Islam berwawasan multikultural tidak terlepas dari konsep manusia cerdas dan paradigma pendidikan agama Islam dengan konsep Al-Insan Al-Kamil keduanya memiliki kesamaan misi dalam menggambarkan profil manusia yang beriman dan bertakwa. dalam pendidikan Islam, karakteristik manusia cerdas dilafalkan dengan insan kamil, yaitu manusia paripurna, yang memiliki budi pekerti luhur dan akhlak yang sempurna, sebagai manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah. Insan kamil adalah gambaran manifestasi manusia yang mampu menunaikan tugas dan kewajibannya selaku makhluk Allah sebagai khalifah di bumi, mampu menjalankan dan membagun tugas kemasyarakatan, kebangsaan, keagamaan secara bersama-sama
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 20:17 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 23:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22638 |
Actions (login required)
View Item |