Pengaruh Investasi, IHDI dan Pembiayaan Perbankan terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya pada Penyerapan Tenaga Kerja Serta Upah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara

Daulay, Ahmad Harun (2024) Pengaruh Investasi, IHDI dan Pembiayaan Perbankan terhadap Pertumbuhan Ekonomi dan Dampaknya pada Penyerapan Tenaga Kerja Serta Upah Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER2.pdf

Download (689kB)
[img] Text
BAB-1.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB-2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB-3.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB-4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB-5.pdf

Download (424kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA_LAMPIRAN_1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembangunan diarahkan untuk mencapai tiga tujuan penting, yaitu mencapai pertumbuhan (growth), pemerataan (equity), dan keberlanjutan (sustainability), merupakan proses multidimensial mencakup berbagai perubahan struktur sosial, perubahan dalam sikap hidup masyarakat dan perubahan dalam kelembagaan (institusi) nasional. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh investasi, Islamic Human Development Index (I-HDI) dan pembiayaan perbankan terhadap pertumbuhan ekonomi kabupaten/ kota provinsi Sumatera Utara serta untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi dalam memediasi pengaruh investasi, Islamic Human Development Index dan pembiayaan perbankan terhadap penyerapan tenaga kerja dan tingkat upah di kabupaten/ kota provinsi Sumatera Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh langsung antara seluruh variabel yang digunakan, yaitu; Investasi, Pembiayaan Perbankan dan Islamic Human Development Index terhadap Pertumbuhan Ekonomi adalah 95,96 persen. Secara total pengaruh tidak langsung investasi, pembiayaan perbankan dan Islamic Human Developmen Index melalui variabel intervening pertumbuhan ekonomi terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka dan Upah adalah signifikan, yang berarti bahwa Pertumbuhan Ekonomi mampu memediasi pengaruh Investasi, Pembiayaan Perbankan dan Islamic Human Development Index terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka dan Tingkat Upah pekerja di Kabupaten/ Kota Provinsi Sumatera Utara selama tahun 2015-2019. Besarnya pengaruh langsung antara Pertumbuhan Ekonomi terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka adalah sebesar 90,74 persen, sedangkan besarnya pengaruh langsung antara Pertumbuhan Ekonomi terhadap Upah Pekerja adalah sebesar 89,87 persen.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: Investasi, IHDI, Pembiayaan Perbankan, Pertumbuhan Ekonomi, TPT
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 15 Jul 2024 04:53
Last Modified: 15 Jul 2024 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22512

Actions (login required)

View Item View Item