Arsini, Yenti and Wirtati, Ira and Damanik, Emeliya Sukma Dara (2023) The Effectiveness of Cognitive Restructuring Counselling Containing Wahdatul Ulum Values to Increase Student Perseverance. Enlighten: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6 (2). pp. 64-75. ISSN 2622-8920
Text
Artikel Jurnal Sinta 3.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada era modern yang dipenuhi tekanan akademik, individu sering menghadapi tantangan psikologis yang mempengaruhi kemampuan untuk bertahan dan meraih keberhasilan. Konseling restrukturisasi kognitif telah terbukti efektif dalam mengubah pola pikir individu, tetapi belum banyak penelitian yang memeriksa pengaruh integrasi nilai-nilai spiritual seperti Wahdatul Ulum dalam konteks ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh integrasi nilai-nilai Wahdatul Ulum dalam konseling restrukturisasi kognitif terhadap peningkatan ketahanan mental dan perseveransi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) untuk mengembangkan dan menguji model konseling restrukturisasi kognitif yang mengintegrasikan nilai-nilai Wahdatul Ulum. Populasinya adalah mahasiswa FITK UIN SU Medan angkatan 2020 berjumlah 195 mahasiswa. Sampel penelitian sejumlah 32 mahasiswa BKPI yang dipilih secara purposive. Pengembangan instrumen dengan mengidentifikasi dan analisis literatur, validasi pakar, uji coba terbatas, dan pengembangan model konseling restrukturisasi kognitif yang mencakup aspek-aspek nilai-nilai Wahdatul Ulum. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon yang memanfaatkan SPSS 25 untuk melihat peningkatan atau penurunan yang signifikan. Hasil penelitian menunjukkan perseverance kelompok perlakuan mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan perseverance kelompok kontrol mengalami penurunan. Temuan ini mendukung gagasan bahwa integrasi nilainilai spiritual dalam konseling dapat memberikan pendekatan holistik yang efektif untuk meningkatkan ketahanan individu. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana konseling restrukturisasi kognitif dengan pendekatan Wahdatul Ulum dapat membantu mahasiswa mengatasi hambatan psikologis dan meningkatkan kemampuan untuk menghadapi tantangan dalam kehidupan sehari-hari. Implikasi praktisnya adalah bahwa konseling restrukturisasi kognitif dengan nilainilai spiritual dapat menjadi alternatif layanan bimbingan dan konseling yang efektif untuk meningkatkan ketekunan dan resiliensi mahasiswa.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perseverance, Cognitive Restructuring, Academic Resilience, Wahdatul Ulum |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Habiba Nur Maulida |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 02:29 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 02:29 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22253 |
Actions (login required)
View Item |