Efektivitas Model Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Aspek Reflecting and Adaptive Help Seeking Mahasiswa

Arsini, Yenti (2023) Efektivitas Model Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Aspek Reflecting and Adaptive Help Seeking Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 13 (2). pp. 103-112. ISSN 2686-2859

[img] Text
Artikel Sinta 5.pdf

Download (180kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji efektivitas model konseling restrukturisasi kognitif dalam meningkatkan resiliensi akademik, khususnya dalam aspek Reflecting and Adaptive Help-Seeking, di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana model konseling restrukturisasi kognitif dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan resiliensi akademik mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran (mix-method) yang mencakup metode kuantitatif dengan desain non-equivalent group design serta metode kualitatif. Populasi penelitian terdiri dari mahasiswa BKPI FITK UINSU angkatan 2020, dengan sampel penelitian berjumlah 32 mahasiswa yang dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseling restrukturisasi kognitif efektif dalam meningkatkan resiliensi akademik pada aspek Reflecting and Adaptive Help Seeking. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya memperluas implementasi konseling restrukturisasi kognitif dalam lingkungan universitas, terutama dalam meningkatkan kesiapan mahasiswa menghadapi perubahan dalam pendidikan tinggi.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Konseling restrukturisasi kognitif, Reflecting and Adaptive Help Seeking, Mahasiswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 378 Higher education > 378.1 Organisasi dan aktivitas perguruan tinggi (dosen, staf, mahasiswa, kurikulum)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:22
Last Modified: 12 Feb 2024 02:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22251

Actions (login required)

View Item View Item