Tradisi Pasatowan Masyarakat Suku Jawa Ditinjau dari Akidah Islam Desa Sidoharjo I Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang

Syaharani, Kurnia (2023) Tradisi Pasatowan Masyarakat Suku Jawa Ditinjau dari Akidah Islam Desa Sidoharjo I Pasar Miring Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER3y.pdf

Download (618kB)
[img] Text
BAB_I.pdf

Download (716kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (538kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (944kB)
[img] Text
BAB_IV_B.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB_V_B.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pasatowan adalah tradisi masyarakat suku jawa yang dilakukan dengan menghitung weton seseorang yang akan melangsungkan pernikahan sebagai bahan pertimbangan kecocokan antara laki-laki dan perempuan, desa sidoharjo I pasar miring yang mayoritas penduduk bersuku jawa juga melakukan tradisi pasatowan. Karena itulah penulis ingin mengungkap masalah pasatowan di desa sidoharjo I pasar miring yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana tradisi pasatowan masyarakat suku jawa desa sidoharjo I pasar miring, bagaimana pandangan masyarakat suku jawa terhadap tradisi pasatowan dan bagaimana pandangan Islam terhadap tradisi pasatowan di desa sidoharjo I pasar miring. Pendekatan kualitatif dalam penelitian lapangan digunakan sebagai metodologi penelitian; sumber data primer dan sekunder dikonsultasikan; wawancara digunakan sebagai alat pengumpulan data, yang kemudian diperiksa. Berdasarkan hasil penelitian, masyarakat Jawa di Desa Sidoharjo I Pasar Miri masih terus mempraktekkan adat Pasatowan ini. menurut Islam tradisi pasatowan merupakan urf yang bisa terjadi dua kemungkinan karena dalam islam itu ada urf shahih dan urf fasid dimana pasatowan menjadi shahi jika dilakukan hanya sebatas menjadi pertimbangan tetapi dalam pandangan akidah sendiri pasatowan merupakan perbuatan syirik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Pasatowan, Akidah Islam
Subjects: 2X3 AQAID DAN ILMU KALAM
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Habiba Nur Maulida
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:03
Last Modified: 23 Jan 2024 03:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22167

Actions (login required)

View Item View Item