Analisis Perilaku Impulse Buying Bagi Pengguna E-Commerce Di Kalangan Mahasiswa Muslim Di Kota Medan Dalam Perspektif Sosiologi

Desky, Ahmed Fenanda and Jailani, Muhammad and Kamal, Aulia (2023) Analisis Perilaku Impulse Buying Bagi Pengguna E-Commerce Di Kalangan Mahasiswa Muslim Di Kota Medan Dalam Perspektif Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial UINSU Medan.

[img] Text
Laporan Penelitian Fakultas Ahmed Fernanda Desky dkk.pdf

Download (639kB)

Abstract

Fenomena perilaku impulse buying menjadi kajian yang menarik khususnya dalam perspektif sosiologis di era generasi milenial. Perilaku impulse buying merupakan suatu tindakan seseorang saat berbelanja online yang tidak direncanakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perilaku impulse buying terhadap penggunaan e-commerce dan etika konsumsi islam bagi mahasiswa muslim di kota Medan. Selain itu, penelitian ini menghubungkan selera mahasiswa muslim di kota Medan saat berbelanja terhadap perilaku impulse buying dengan menggunakan konsep generative Pierre Bourdieu yaitu habitus, kapital dan arena. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods, yaitu proses pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Peneltian kuantitatif dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan google form kemudian dianalisis menggunakan software SPSS versi 22 dengan jumlah responden sebanyak 100 responden, sedangkan penelitian kualitatif dilakukan menggunakan teknik Focus Group Discussion dan wawancara dengan jumlah informan sebanyak 8 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang cukup kuat terhadap perilaku impulse buying yang dibuktikan nilai signifikansi sebesar 0.001, sedangkan angka koefisien korelasi sebesar 0.318. Selanjutnya, pengaruh etika konsumsi dalam perspektif islam ternyata tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan nilai variabel sebesar 0.830, sedangkan nilai koefisien korelasi sebesar 0.022. Fenomena perilaku impulse buying ternyata memiliki hubungan antara habitus, kapital dan arena. Kebiasaan mahasiswa menggunakan platform e-commerce kian berkembang sehingga memicu perilaku impulse buying. Selain itu, mahasiswa mampu berbelanja karena memiliki kapital yang disesuaikan dengan kebutuhannya maupun kemampuan finansialnya. Interaksi sosial di arena digital telah mempengaruhi kebiasaan baru mereka yang dapat memicu adanya penyesuaian kelas sosial ekonomi saat berbelanja.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social intercd /ction
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:04
Last Modified: 18 Jan 2024 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22156

Actions (login required)

View Item View Item