Peran Business Model Inovation pada Industri Kuliner Cake Shop Berbasis Syariah

Alfisyahri, Putri Nur and Nurbaiti, Nurbaiti and Harahap, Muhammad Ikhsan (2023) Peran Business Model Inovation pada Industri Kuliner Cake Shop Berbasis Syariah. Peran Business Model Inovation pada Industri Kuliner Cake Shop Berbasis Syariah, 11 (2). pp. 1753-1766. ISSN 2716-4441

[img] Text
Jurnal_fix.pdf

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Business Model Inovation pada Industri Kuliner Cake Shop Berbasis Syariah. Bisnis Model Inovation ini sendiri berfokus pada inovasi pada lingkungan internal seperti pengelolaan, sumber daya manusia yang mengelola, dan internal perusahaan, selain internal, Bisnis Model Inovation juga melakukan inovasi juga perusahaan seperti memanfaatkan teknologi yang berkembang. Metode penelitian ini adalah pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah melakukan wawancara mendalam kepada Kepala toko IMA BROWNIES cake and bakery shop serta para pegawai yang bekerja di bakery tersebut. Hasil penelitian adalah secara keseluruhan tingkat inovasi produk pada toko IMA BROWNIES cake and bakery shop sudah dalam kategori baik. Hal ini menunjukan bahwa inovasi yang dilakukan toko IMA BROWNIES cake and bakery shop dibuktikan dengan adanya peningkatkan volume penjualan setiap bulannya. Toko IMA BROWNIES cake and bakery shop menerapkan keenam basis inovasi produk sebagai berikut : Inovasi berbasis modulasi dilakukan dengan cara menaikan karakteristik produk Inovasi berbasis ukuran dilakukan dengan mengubah ukuran roti mulai dari ukuran kecil hingga besar. Inovasi berbasis desain dilakukan dengan mengubah tampilan bentuk roti dengan bentuk yang unik dan menarik. Untuk inovasi teknologi, Toko IMA Brownies sendiri belum menggunakan fintech, untuk.pembayaran dan pemesanan mereka masih manual dan hanya melakukanpenjualan di toko. Business Model Inovation yang dilakukan IMA BROWNIES cake and bakery terbukti dapat meningkatkan penjualan IMA BROWNIES cake and bakery dengan melihat kenaikan pembeli. IMA BROWNIES cake and bakery dapat meningkatkan penjualan dengann melakukan inovasi produk, peningkatan penjualan menjadi tujuan inovasi dilakukan oleh IMA BROWNIES cake and bakery sehingga mampu meningkatkan penjualan.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Business, Innovation, Bakery and Cake, Product
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Mr. Dhimas Dharmawan
Date Deposited: 01 Jan 2024 06:35
Last Modified: 01 Jan 2024 06:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22105

Actions (login required)

View Item View Item