Nazaruddin, Nazaruddin IMPLEMENTASI DESAIN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI SMA ISLAM NAMIRA MEDAN. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover_Tesis_Nazaruddin_yes.pdf Download (692kB) |
|
Text
BAB_1_Tesis_Nazaruddin.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB_2_TESIS_NAZARUDDIN.pdf Download (378kB) |
|
Text
BAB_3_Tesis_Nazaruddin.pdf Download (215kB) |
|
Text
BAB_4_Tesis_Nazaruddin.pdf Download (412kB) |
|
Text
BAB_5_Tesis_Nazaruddin.pdf Download (66kB) |
|
Text
Daftar_Pustaka_.pdf Download (202kB) |
Abstract
Salah satu kehadiran Kurikulum Merdeka ini adalah bukti inovasi kurikulum yang dilakukan Mernteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mengupayakan mutu pendidikan yang lebih baik. Inovasi kurikulum mengacu pada penggunaan bagian-bagian potensial dari kurikulum untuk mengusulkan ide atau praktik kurikulum baru untuk memecahkan masalah atau mencapai tujuan tertentu. Hal ini sebagaimana yang terjadi di SMA Islam Namira Medan. Sejak tahun 2021 telah implementasikan kurikulum merdeka berdasarkan tuntutan sebagai sekolah penggerak/sekolah percontohan. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui: (1) Perencanaan Pembelajaran Pendididikan Agama Islam berbasis Kurikulum Merdeka di SMA Islam Namira Medan (2) Pelaksanaan Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka di SMA Islam Namira Medan (3) Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis Kurikulum Merdeka di SMA Islam Namira Medan (4) Tantangan dan Hambatan Implementasi Desain Pembelajaran PAI di SMA Islamira Medan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dalam analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu data yang terkumpul kemudian dianalisis sehingga menjadi kesatuan yang konklusif dengan menggunakan pendekatan induktif. Dari hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa implementasi desain pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka di SMA Islam Namira dapat terlaksana dengan baik meskipun masih tahap penyesuaian Learning By Doing. SMA Islam Namira Medan sebagai Sekolah Penggerak mampu menerapkan desain pembelajaran PAI berbasis Kurikulum Merdeka dengan menciptakan pembelajaran PAIKEM GEMBROT yang didukung multimedia fasilitas sekolah. Sehingga pembelajaran bernuansa aktif dan merdeka bagi peserta didik dalam belajarnya berlandaskan visi misi sekolah dan penguatan profil pelajar pancasila.
Jenis Item: | Lainnya |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Desain Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum |
Subjects: | 2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Dhimas Dharmawan |
Date Deposited: | 31 Dec 2023 02:35 |
Last Modified: | 31 Dec 2023 02:35 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22087 |
Actions (login required)
View Item |