EVALUASI PELAKSANAAN TUGAS DINAS PERDAGANGAN PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA ACEH TENGGARA DALAM PENGELOLAAN PASAR PAJAK PAGI DESA LAWE KHUTUNG KECAMATAN LAWE BULAN KABUPATEN ACEH TENGGARA (TINJAUAN FIQIH SIYASAH)

Aslia, Helmi EVALUASI PELAKSANAAN TUGAS DINAS PERDAGANGAN PERINDUSTRIAN DAN TENAGA KERJA ACEH TENGGARA DALAM PENGELOLAAN PASAR PAJAK PAGI DESA LAWE KHUTUNG KECAMATAN LAWE BULAN KABUPATEN ACEH TENGGARA (TINJAUAN FIQIH SIYASAH). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1_COVER-1_(2).pdf

Download (638kB)
[img] Text
2__BAB_1_HELMI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3__BAB_II_HELMI.pdf

Download (280kB)
[img] Text
4__BAB_III_HELMI.pdf

Download (255kB)
[img] Text
5__BAB_IV_HELMI.pdf

Download (485kB)
[img] Text
6__BAB_V_HELMI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
7__DAFTAR_PUSTAKA_HELMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan Peraturan Bupati Aceh Tengggara No.10 tahun 2020 tentang pengelolaan pasar, dalam penelitian ini penulis akan membahas tentang bagaimana pengelolaan Pasar Pajak Pagi yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan Perindustrian dan Tenaga Kerja Aceh Tenggara. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah : Apakah pengelolaan Pasar Pajak Pagi Desa Lawe KhutungKecamatan Lawe Bulan Kabupaten Aceh Tenggara telah mencapai tujuan dari pengelolaan pasar sebagaiman yang telah ditentukan dalam peraturan bupati Aceh Tenggara.apakah faktor penghambat dalam pengelolaan pasar Pajak Pagi Aceh Tenggara,bagaimana tinjauan fiqih siyasah terhadap peraturan bupati Aceh Tenggara No.10 tahun 2020 tentang pengelolaan pasar dan pelaksanaanya di Pasar Pajak Pagi DesaLawe Khutung Kecamatan Lawe Alas Kabupaten Aceh Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan empiris, menggunakan dua sumber data, yaitu sumber data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari wawancara langsung dengan pejabat disdagprinaker dan pedagang kemudian pengunjung pasar pajak pagi Aceh Tenggara. Data sekunder adalah data yang didapatkan dari literatur,seperti buku,jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini dalam mengumpulkan data penulis menggunakan cara observasi (pengamatan ), interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan pasar pajak pagi Aceh Tenggara yang dilaksanakan oleh dinas perdagangan perindustrian dan tenaga kerja Aceh Tenggara belum mencapai tujuan secara keseluruhan sebagaimana yang telah ditentukan dalam peraturan bupati aceh tenggra no.10 tahun 2020. Adapun hambatan dalam pengelolaan pasar pajak pagi Aceh Tenggarayaitu: kurangnya pengawasan dan adanya proses pembiyaraan dari petugas,sarana dan prasaran kurang memadai,sistem manajemen yang tidak satu atap, faktor budanya dan kultur masyarakat setempat. menurut tinjauan fiqih siyasah untuk membentuk suatu hukum untuk diberlakukan di masyarakat peraturan bupati Aceh Tenggara no.10 tahun 2020 sesuai dengan prinsip siayash dusturiyahkarena peraturan itu dibentuk untuk kemaslahatan umat manusia dan menghindari kemudhoratan.Akan tetapi pelaksanaan pengelolaan pasar dipasar pajak pagi belum secara maksimal dilakukan. Dalam penegakan suatu aturan bukan hanya bertumpu pada pemerintahya saja akan tetapi masyarakat juga harus saling membantu dalam menegakan peraturan yang telah di buat, karena didalam Agama Islam sendiri seorang warga negara harus patuh dan taat kepada pemimpin selama kebijakan dan perintah dari pemimpin tidak menyimpang dari syariat Islam. Dalam pengelolaan pasar kedepanya harus lebih ditingkatkan lagi, sehingga tercapai tujuan dari pengelolaan pasar yang sudah ditentukan dalam peraturan bupati Aceh Tenggara No.10 tahun 2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Dhimas Dharmawan
Date Deposited: 31 Dec 2023 02:23
Last Modified: 31 Dec 2023 02:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22086

Actions (login required)

View Item View Item