Analisis Penerapan Akuntansi Terhadap Akuntabilitasdan Pengelolaan Keuangan Masjid Raya Al-Huda Mandailing Natal Berdasarkan Isak 35

Agussani, Widya Analisis Penerapan Akuntansi Terhadap Akuntabilitasdan Pengelolaan Keuangan Masjid Raya Al-Huda Mandailing Natal Berdasarkan Isak 35. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover_skripsi.pdf

Download (836kB)
[img] Text
BAB_l_Skripsi.pdf

Download (533kB)
[img] Text
BAB_II.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB_III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
BAB_IV.pdf

Download (637kB)
[img] Text
BAB_V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA (1).pdf

Download (727kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Penerapan Akuntansi Terhadap Akuntabilitas dan Pengelolaan Keuangan Masjid Raya Al-Huda Mandailing Natal Berdasarkan ISAK 35” ini merupakan hasil suatu penelitian yang memiliki tujuan untuk mengetahui akuntabilitas penyusunan pada pengelolaan keuangan Masjid Raya Al-Huda Mandailing Natal berdasarkan ISAK 35 dan juga untuk mengetahui pengelolaan laporan keuangan yang ada di Masjid Raya Al-Huda Mandailing Natal berdasarkan ISAK 35. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang melibatkan para takmir Masjid Raya Al-Huda. Data didapatkan melalui observasi, wawancara dokumen, dan kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan juga uji keabsahan data. Hasil dari penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas dan pengelolaan keuangan Masjid Raya Al-Huda Mandailing Natal masih secara akumulatif atau sederhana. Penyusunan laporan keuangan Masjid Raya Al-Huda masih dilakukan secara sederhana yaitu pencatatan keuangaan Masjid Raya Al-Huda dilakukan apabila adanya kas masuk dan kas keluar. Penerapan akuntansi yang dilakukan bendahara masjid hanya sekedar pencatatan biasa karena yang terpenting rincian dari penyajian laporannya benar dan jelas. Sikap akuntabilitas yang diterapkan oleh pengurus masjid sebagian masyarakat sudah merasa puas dengan pengelolaannya. Walaupun penerapan akuntansi dalam pengelolaan keuangan masjid ini belum sempurna. Tetapi para pengurus masjid mengelola keuangan Masjid Raya Al-Huda ini dengan teliti untuk dituliskan dalam pembukuan besar. ISAK 35 belum diterapkan pada Masjid Raya Al-Huda karena para pengurus belum memahami istilah tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akuntansi, Akuntabiltas, Pengelolaan Keuangan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 336 Public finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr. Dhimas Dharmawan
Date Deposited: 30 Dec 2023 19:24
Last Modified: 30 Dec 2023 19:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22079

Actions (login required)

View Item View Item