Setiawan, Dodi Pendidikan Anaka Prespektif Al-Qur'an (Studi Analisis Surat Luqman Ayat 12-19 dalam Tafsir An-Nur). Skripsi thesis, UNSPECIFIED.
Text
1__COVER_SKRIPSI_(JODI_SETIAWAN_0403181010)_compressed.pdf Download (490kB) |
|
Text
2__BAB_1_(JODI_SETIAWAN_0403181010)_compressed.pdf Download (243kB) |
|
Text
3__BAB_2_(JODI_SETIAWAN_0403181010)_compressed.pdf Download (343kB) |
|
Text
4__BAB_3_(JODI_SETIAWAN_0403181010)_compressed.pdf Download (231kB) |
|
Text
5__BAB_4_(JODI_SETIAWAN_0403181010)_compressed.pdf Download (642kB) |
|
Text
6__BAB_5_(JODI_SETIAWAN_0403181010).pdf Download (643kB) |
|
Text
7__DAFTAR_PUSTAKA_(JODI_SETIAWAN_0403181010).pdf Download (876kB) |
Abstract
Al-Qur’an merupakan kitab panduan hidup umat manusia, yang membimbing manusia pada jalan keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Salah satu bentuk dari bimbingan al-Qur’an adalah bimbingan terkait pendidikan. Pendidikan merupakan salah satu pembahasan yang penting dalam al- Qur’an. Oleh karena itu, banyak ayat-ayat yang menyinggung masalah terkait pendidikan, salah satunya adalah ayat 12-19 dalam surat Luqman. Dalam ayat tersebut alQur’an membicarakan dengan begitu rinci tentang pendidikan anak sejak usia dini. Bahkan dalam ayat tersebut dijelaskan pula bagaimana kiat orangtua dalam mendidik, dengan cara menceritakan seorang tokoh yang solih bernama Luqman sebagai teladan, dimana ia telah berhasil mendidik anaknya dengan tuntunan al-Qur’an. Mengingat begitu besar perhatian alQur’an terhadap masalah pendidikan anak sejak masa usia dini dalam ayat tersebut. Maka dengan ini penulis terdorong untuk melakukan penelitian dan menganalisis tafsir ayat 12-19 dalam surat Luqman tentang pendidikan anak usia dini. Pada penelitian yang dilakukan ini, peneliti mengangkat dua rumusan masalah, yakni bagaimana penafsiran surat Luqman ayt 12-19, dan bagaimana relevansi penafsiran surat Luqman ayat 12-19 terhadap pendidikan anak. kemudian peneliti menggunakan metode Library Research atau biasa disebut dengan penelitian kepustakaan, dengan mencari data rujukan pada karya-karya terdahulu. Menggunakan metode penafsiran tahlili, dimana berusaha untuk memaparkan arti tiap-tiap ayat dilihat dari berbagai segi yang membentuknya. Dan dianaisis menggunakan metode analisis isi, yang melalui jalan menganlisis isi dari data-data yang diperoleh, yang selanjutnya akan dibentuk proposisi-proposisi dalam kiat menemukan kesimpulan penelitian yang dihasilkan. Selanjutnya pada penelitian ini peneliti mendekati masalah dengan pendekatan Tafsir Tarbawi, dimana merupakan sebuah corak tafsir yang analisisnya menuju pada masalah pendidikan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dengan mengolah berbagai data yang ada, telah diperoleh beberapa hasil, yakni; Pertama, bahwa dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19 berisi tuntunan pendidikan bagi orangtua dalam mendidik anaknya, yakni dengan teladan tokoh Luqman yang memberikan nasihatnya untuk sang putra, yang berupa nasihat untuk beriman, berbakti kepada orangtua, bersyukur, sholat, amar ma’ruf nahi munkar, tidak sombong, seta adab dalam berjalan dan berbica. Kedua, yakni relevansi penafsiran ayat 12-19 terhadap pendidikan anak, terkait pentingnya kasih sayang orangtua dalam mendidik anak dan pentingnya menanamkan keimanan pada anak sejak dini.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tafsir, Nasihat Luqman, Pendidikan Anak |
Subjects: | 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran > 2X1.31 Ilmu Tafsir |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Dhimas Dharmawan |
Date Deposited: | 30 Dec 2023 05:22 |
Last Modified: | 30 Dec 2023 05:22 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/22056 |
Actions (login required)
View Item |