Gusnimar, Gusnimar Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui strategi kooperatif model jigsaw dalam pendidikan agama Islam aspek tarikh di kelasd IV SD Negeri 101766 Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan. [Experimen] (Submitted)
|
Text
ARTIKEL TESIS GUSNIMAR_2011.pdf Download (315kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw dalam matapelajaran PAI pada aspek tarikh di kelas IV SD Negeri 101766 Bandar Setia. Permasalahan yang diteliti, yaitu: (1) Bagaimanakah motivasi dan hasilbelajar siswa sebelum menggunakan strategi pembelajaran kooperatif modeljigsaw dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada aspek tarikh di kelasIV SD Negeri Nomor 101766 Bandar Setia?, (2) Bagaimana tanggapan muridterhadap penggunaan strategi pembelajaran kooperatif model jigsaw dalammeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran PendidikanAgama Islam pada aspek tarikh di kelas IV SD Negeri Nomor 101766 BandarSetia?, (3) Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa setelahpenggunaan strategi kooperatif model jigsaw dalam pembelajaran pendidikanagama Islam pada aspek tarikh di kelas IV SD Negeri Nomor 101766 BandarSetia? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terhadap 37 orang, yangdilaksanakan dengan langkah-langkah: perencanaan, pelaksanaan, observasidan refleksi. Kemudian dalam menganalisis data dilakukan proses reduksi data,pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Ada tiga temuan penelitian ini, yaitu:1. Motivasi dan hasil belajar pada pra tindakan atau sebelum penggunaan strategi kooperatif model jigsaw dalam pembelajaran Pendidikan AgamaIslam materi pokok Kisah Nabi ibrahim, as, dan Ismail, as di kelas IV SDNegeri Nomor 101766 Bandar Setia masih kategori sedang, dan belummencapai ketuntasan klasikal. 2. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan cara menggunakan strategikooperatif model jigsaw dalam pembelajaan materi pokok tarikh pada kelasIV SD Negeri Nomor 101766 Bandar Setia menunjukkan kondisi yangmenggembirakan dan positif. Melalui hasil angket, wawancara, dan observasiyang diperoleh, diketahui bahwa siswa sangat senang dan antusias mengikutibelajar kelompok dan diskusi. Ketika pembelajaran siklus I ternyata siswayang memberikan respon sangat positif dengan sangat setuju dan setujumencapai skor 94%. Kemudian pada siklus II respon sangat setuju dansetuju meningkat menjadi 98%. 3. Motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Nomor 101766mengalami peningkatan setelah menggunakan strategi kooperatif model * Penulis adalah Guru PAI PNSdi Kementerian Agama Deli Serdang, lulusan Magisterpada Prodi PEDI Konsentrasi PAI PPS IAIN SU tamat tahun 2011. 1 jigsaw pada siklus I. Kemudian hasil belajar siswa semakin mengalamipeningkatan pada tindakan siklus II mencapai 91,89 % nilai tuntas, danpeningkatan motivasi mencapai 37, 83 % memiliki kategori sangat tinggi, dan29,72 % kategori tinggi. Kata Kunci: Motivasi, hasil belajar,strategi kooperatif, model jigsaw, PendidikanAgama Islam.
Jenis Item: | Experimen |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 03:04 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 03:04 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/2202 |
Actions (login required)
View Item |