PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP LITERAS I NUMERAS I S IS WA PADA MAT ERI STATISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SOSA JULU 2022/2023

daulay, nur jannah (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN CRITICAL INCIDENT TERHADAP LITERAS I NUMERAS I S IS WA PADA MAT ERI STATISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SOSA JULU 2022/2023. Skripsi thesis, universitas islam negeri sumatra utara.

[img] Text
COVER_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_I_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB_II_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_III_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf

Download (781kB)
[img] Text
BAB_IV_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB_V_RAISA_DAFFA_ZUHAIR.pdf

Download (328kB)
[img] Text
DAPUS_RAISA_DAFFA_ZUHAIR_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Pengaruh strategi critical incident terhadap literasi numerasi siswa pada materi statistik di kelas VIII SMP N 1 Sosa Julu Tahun Ajaran 2022/2023” yang dilatar belakangi bahwa literasi numerasi siswa masih rendah dikarenakan siswa belum mampu mengaplikasikan ilmu matematika kedalam kehidupan sehari-hari dan menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk: bagan, tabel, diagram dan grafik serta siswa belum mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk menarik kesimpulan. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan uji pre-test dan post-test di kedua kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Sosa Julu dengan jumlah 48 orang. Yang terbagi atas VIII-A dan VIII-B. teknik pengambilan sampel data dengan total sampling. Analisis data dilakukan setelah memberikan uji pre-test dan post-test di kedua kelas. v Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa “Strategi critical incident berpengaruh terhadap literasi numerasi siswa pada materi statistik di kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa Julu Tahun Ajaran 2022/2023”. Hal ini berdasarkan kriteria hasil perhitungan uji-t, yaitu diperoleh Thitung = 7,503 dan Ttabel = 2,013 , karena Thitung > Ttabel dengan masing-masing sampel 24. Dan dalam pengaruh strategi critical incident ini dapat dilihat dari uji N-Gain dengan hasil perhitungan N-Gain tersebut, menunjukkan bahwa nilai N-Gain eksperimen dengan kriteria sedang sebesar 90%. Sementara mentara nilai N-Gain kelas kontrol dengan kriteria sedang sebesar 80%. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai tes literasi numerasi siswa yang diajar dengan strategi critical incident lebih tinggi dari pada yang diajar dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP N 1 Sosa Julu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Muthia Syafitri Ulfi
Date Deposited: 20 Dec 2023 07:58
Last Modified: 20 Dec 2023 07:58
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/21833

Actions (login required)

View Item View Item